Berikut ini adalah beberapa pengertian metode praktik yang dikemukakan oleh beberapa ahli di bidangnya, lalu apa sajakah pengertian metode tersebut langsung saja sebagai berikut:
1. Pengertian Metode Praktik Menurut Hamzah
Menurut pendapat Hamzah, (2008: 200), Belajar praktik adalah belajar keterampilan yang membutuhkan gerakkan motorik, pelaksanaan pembelajaran dilakukan di tempat kerja/ lapangan. Berdasarkan pendapat Hamzah tersebut, maka belajar praktik adalah suatu proses pembelajaran yang melibatkan kemampuan motorik atau gerak di tempat kerja atau lapangan.
2. Pengertian Praktik Berdasarkan Pendapat Sudjana
Berdasarkan pendapat Sudjana (2005: 157-158) yakni metode dalam pembelajaran yang digunakan dengan tujuan melatih serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh untuk dilakukan di kehidupan nyata atau lapangan, pekerjaan, atau tugas yang sebenarnya.
Dari pendapat tersebut dapat ditegaskan bahwa metode praktik adalah metode pembelajaran untuk melatih peserta didik dengan tujuannya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari.
3. Pengertian Praktik Menurut Roestiyah
Berdasarkan pendapat Roestiyah, (2001: 88), Teknik penyajian kerja lapangan/ praktik lapangan yaitu cara mengajar dengan mengajak siswa ke suatu tempat di luar sekolah, dengan tujuan tidak hanya mengadakan pengamatan (observasi) dan peninjauan saja, tapi lebih dari itu peserta didik secara aktif langsung berpartisipasi ke lapangan kerja, supaya siswa mampu memahami sendiri dan mengadakan penyelidikan dan bekerja sendiri di dalam pekerjaan yang ada di masyarakat.
Berdasarkan pendapat Roestiyah tersebut, maka metode praktik adalah cara mengajar siswa melalui praktik langsung di lapangan dengan melibatkan siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan di lapangan. Pembelajaran praktik bertujuan supaya peserta didik lebih mengetahui prosedur kerja serta lebih mandiri.
4. Pengertian Praktik Menurut David A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak
Menurut David A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak (2009: 203) Metode praktik dibagi menjadi dua yakni metode praktik terbimbing dan praktik mandiri. Praktik terbimbing merupakan metode praktik dalam pembelajaran, guru memberikan umpan balik agar siswa mengetahui cara praktik sesuai dengan materi yang telah dijelaskan. Sedangkan praktik mandiri yakni metode pembelajaran dengan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan praktik secara mandiri.
Dari berbagai teori diatas dapat ditegaskan bahwa metode praktik adalah suatu teknik pembelajaran yang memiliki tujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dengan menerapkan keterampilan yang telah dimiliki peserta didik dalam suatu kegiatan nyata.